Pemkab Bangka Barat Akan Kembangkan Desa Digital

Muntok_Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar sosialisasi Desa Digital / Desa Online tahun 2021 yang diikuti oleh Kepala Desa dan Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Bangka Barat.

Acara ini diselenggarakan di Operational Room II Sekretariat Daerah Pemkab Bangka Barat, Kamis, (9/9/2021).

Desa Digital / Desa Online merupakan kegiatan pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan Desa dengan harapan Pemerintah Desa menjadi sentra produktivitas, pertumbuhan dan menjadi titik persebaran kemajuan.

Pengembangan desa digital ini dapat mendorong kemajuan semua bidang di desa seperti pendidikan, perekonomian, wisata dan pelayanan terhadap masyarakat serta pengelolaan keuangan data, maupun aset desa. Desa digital ini juga dapat mendorong BUMDes sebagai lokomotif perekonomian desa dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya untuk meningkatkan dan menggerakkan perekonomian masyarakat desa.

Dalam sambutan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Suradi, S.Ag, M.Pd menyebutkan bahwa pemerintah menaruh harapan besar terhadap produktivitas, pengembangan, kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh desa.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa di zaman yang berkembang, dinamis dan terus bergerak menyebabkan perubahan pada sebuah proses maupun dinamika. Hal ini menyebabkan pula pada perubahan pola pembangunan desa. Oleh dari itu, pelaku-pelaku pembangunan bertugas sebagai motor penggerak di desa.

“saat ini, tidak bisa mengelola pemerintah/desa hanya secara manual, melainkan mengikuti perkembangan yang ada. Jika tidak mengikuti, akan berdampaknya pada pemerintah desa yang terseret ataupun tergilas oleh perkembangan zaman ini. Oleh karena itu, perlu adanya perkembangan pemdes yang berbasis digital/online,” tambahnya.

“Harapan dari kita semua, tentu saja di seluruh Bangka Barat akan terwujud desa yang maju, sejahtera dan bermartabat,” tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Tri Oktaviani
Fotografer: 
Dony
Editor: 
Wahyu