Pemkab Bangka Barat Fasilitasi Paparan Penyelenggaraan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Dusun Sukal

Muntok, (16/04). Pemerintah Kabupaten Bangka Barat memfasilitasi kegiatan paparan penyelenggaraan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Dusun Sukal bertempat di OR 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, 16 Februari 2021. Pemkab Bangka Barat yang diwakili oleh Plh. Bupati Bangka Barat menyambut kedatangan Danlanal Babel, Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, S.E., beserta rombongan. Turut hadir dalam kegiatan diantaranya Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala OPD Bangka Barat, Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Bangka Barat, Perwakilan PT Timah, Camat Muntok, DanPos AL Muntok beserta jajaran, serta Kades Belo Laut.

Kolonel Laut  (P) Dudik Kuswoyo dalam paparannya menjelaskan bahwa Dusun Sukal adalah salah satu Kampung Bahari Nusantara yang dibentuk Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.
"Selama bulan Agustus sampai Oktober kita terjun langsung di Bangka Belitung ini untuk mencari tempat bakal KBN. Dan yang paling cocok baharinya hanya ada di Dusun Sukal di Pesisir Desa Belo Laut  dengan keberadaan biota kelautan yang masih asri sehingga semua memenuhi syarat," paparnya. 
"Harapannya akan berdampak positif bagi masyarakat, baik dari klaster Ekonomi, Edukasi, Pariwisata, Kesehatan  dan  Pertahanan  untuk kesejahteraan masyarakat sekitar Dusun Sukal. Untuk itu, mohon dukungan dari pihak Pemda dan CSR dari Perusahaan yang ada di Bangka Barat," katanya lebih lanjut. 
"Dalam hal ini, penambangan Kapal Isap (KIP) atau Ponton (PIP) agar jangan terlalu dekat dengan pesisir pantai, " tegasnya. 

Pada kesempatan yang sama, calon Bupati terpilih Bangka Barat, H. Sukirman, S.H berkata bahwa apa yang disampaikan Danlanal membutuhkan sinergi bersama.  
"Untuk kedepannya, kita harapkan akan dapat dimanfaatkan dan jangan sampai hilang begitu saja. Bersama kita menjaga Kebaharian Nusantara di Dusun Sukal dengan penataan yang matang  agar masyarakat KBN sejahtera nantinya," ungkapnya. 
Calon Wakil Bupati Bangka Barat terpilih, Bong Ming-ming, S.E mengucapkan terima kasih telah menetapkan Dusun Sukal sebagai Bahari Nusantara dengan Karang Berang-berang yang masih asri, dan Hutan Mangrove yang bagus untuk pariwisata serta edukasi bagi masyarakat Sukal sekitarnya," katanya. 
"Perlu dukungan semua pihak dalam pelaksanaan pelatihan -pelatihan untuk semakin memberdayakan berbagai potensi yang ada. Selain itu BUMDes juga berperan penting dalam hal ini," katanya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke Dusun Sukal, yaitu ke rumah nelayan yang tidak layak huni dimana akan dilakukan bedah rumah sebagai bentuk kepedulian satuan  TNI AL kepada para penduduk  Dusun Sukal, khususnya para nelayan. Kegiatan berakhir dengan pelaksanaan buka puasa dan tarawih bersama dengan berbagai pihak di Kantor Pos AL.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Yogie
Editor: 
Wahyu Pratiwi