Pemkab Bangka Barat Kembali Raih Opini WTP dari BPK

Pangkalpinang_Bangka Barat kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat Tahun Anggaran 2020. Perolehan opini WTP tahun ini sama dengan opini yang diterima Pemerintah Kabupaten Bangka Barat pada tahun sebelumnya.

Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat Tahun Anggaran 2020 ini diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bertempat di gedung Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada hari Jumat (28/5/2021).

Ditempat yang sama selain Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan juga menerima Laporan Hasil Pemerikaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka selatan Tahun Anggaran 2020 dengan memperoleh opini WTP.

Dalam sambutnya Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr, Ida Farida, S.E., M.M., Ak., CSFA., CA., menegaskan bahwa pejabat wajib menindaklanjuti rekomendasi laporan hasil pemeriksaan sesuai Pasal 20 Unang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

“Pejabat wajib memberikan jawaban atau penjelasan kepada BPK tentang tindak lanjut atas rekomendasi laporan hasi pemeriksaan. Jawaban atau penjelasan dimaksud disampaikan kepada BPK selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima,” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bangka Barat dan Bupati Bangka Selatan beserta jajaranya atas dukungan dan kerja sama yang berikan selama proses pemeriksaan berlangsung.

“Kami berharap agar hasil pemeriksaan tersebut dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus dipertahankan, semoga Pemda semakin akuntabel dan berkualitas,” tutupnya.

Ditemui pada akhir acara, Bupati Bangka Barat, Sukirman S.H., mengatakan bahwa  ini merupakan berkat kerja keras tim dan seluruh OPD yang telah mengantarkan Bangka Barat memperoleh opini WTP dari Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kita anggap ini sebagai beban buat kita untuk mempertahankannya kedepan. Jadi semua stakeholder harus bekerja keras dan apa yang menjadi rekomendasi BPK agar segera ditindaklanjuti dan kita taati bersama,” ujarnya.

Sukirman juga berharap bahwa nilai WTP ini bukan hanya dicatatan kertas saja tetapi dapat  diimplentasikan kepada  masyarakat Bangka Barat keseluruhan.

Dikesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat, Marudur Saragih, S.E., mengapresiasi hasil WTP yang diraih oleh pemerintah kabupaten Bangka Barat.

“Tentunya hasil evaluasi-evaluasi ini harus kita tindak lanjuti, mudah–mudahan evaluasi itu bisa meningkatkan Kabupaten Bangka Barat semakin maju, semakin sejahtera, dan semakin bermartabat,” harapnya.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bangka Barat, Abi Manyu,S.E., Ak., M.Ec., Dev. Ak.,  mengungkapkan bahwa ini merupakan WTP yang kelima yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan juga 2 (dua) kali yang berturut-turut.

“Ini bisa diraih berkat kerja kerja seluruh OPD dan juga Bapak Bupati dan DPRD juga, artinya disana ada fungsi pengawasan,” ungkapnya.

Plt. Inspektur Kabupaten Bangka Barat yang juga Asisten Bidang Administrasi dan Umum, Ir. Herzon menanggapi rekomendasi dari BPK mengatakan bahwa akan mengawasi dan menindak lanjuti yang menjadi catatan-catatan dari BPK ataupun laporan yang belum sempurna sehingga pemerintah kabupaten Bangka Barat benar-benar menjadi yang terbaik nantinya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Donny
Fotografer: 
Donny