Pemkab Bangka Barat Komitmen Tingkatkan Indeks Reformasi Birokrasi

DISKOMINFO ( Bangka Barat ) -- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berkomitmen untuk meningkatkan indeks Reformasi Birokrasi Kabupaten Bangka Barat. Hal ini dilakukan salah satunya dengan menyelenggarakan sosialisasi dan pembinaan pelaksanaan Reformasi Birokrasi oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Kamis, 19/5/22. 

 

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, Ir. Herzon bertempat di OR II Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat. 

 

Ir. Herzon menyampaikan bahwa perlu untuk melakukan pembaharuan dan perubahan yang mendasar terhadap sistem penyelenggaraan Pemerintah agar tepat guna dalam mengemban tugas pemerintahan  dan pembangunan.

 

“Harus diubah pola pikir, budaya kerja dan perilaku untuk mencapai tujuan reformasi birokrasi. Dan ini membutuhkan komitmen yang kuat dari pimpinan serta dukungan seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat,” tegasnya. 

“Dan sosialisasi ini dilakukan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi pada masing masing perangkat Daerah, “ tutupnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Organisasi Sekretariat  Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ellyana, M.Pd., RB ini adalah sebagai bukti dalam memberikan laporan-laporan dan data yang lengkap dan akurat di lingkungan Pemerintah Daerah untuk menaikkan Indeks.

 

“ Mari kita rubah pola pikir dan budaya kerja kita dalam mendorong birokrasi untuk menunjukkan perfoma /kinerja kita,” katanya.

 

Terdapat delapan area perubahan dalam Reformasi Birokrasi, diantaranya:

1. Program Manajemen Perubahan

2. Program Penguatan Peraturan Perundang-Undangan

3. Program Penguatan Tata Laksana

4. Program Penguatan Organisasi

5. Program Penguatan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia ASN

6. Program Penguatan Akuntabilitas Kinerja

7. Program Penguatan Sistem Pengawasan 

8. Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

 

Rapat di hadiri seluruh OPD di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bangka Barat, Camat Se-Bangka Barat, serta Kepala Puskesmas se Kabupaten Bangka Barat.

Sumber: 
Diskominfo Bangka Barat
Penulis: 
Dedra Helen S.AP
Fotografer: 
Queen
Editor: 
Wahyu Pratiwi