Pemkab Bangka Barat Raih Penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan di bidang lingkungan hidup dari pemerintah pusat kepada kepala daerah/pemerintah daerah atas kinerja dalam merumuskan/menerapkan kebijakan dan atau program kerja sesuai prinsip dan metodologi pembangunan berkelanjutan guna perbaikan kualitas lingkungan.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian terhadap Laporan Informasi Lingkungan Hidup Daerah yang disusun oleh Pemerintah Daerah (IKPLHD) melalui Dinas Lingkungan Hidup yang wajib disampaikan setiap tahunnya. Laporan tersebut terkait penyajian data dan informasi lingkungan hidup di daerah Bangka Barat melalui pengumpulan data primer/sekunder dari para pihak, penetapan isu prioritas lingkungan hidup daerah melalui analisis DPSIR (Driving force, Pressure, State, Impact dan Respons), proses FGD dengan berbagai pihak terkait, perangkingan (peringkat) dengan Analisis AHP (Analysis Hierarchy Process) yang berdasarkan kelompok data antara lain: tata guna lahan, kualitas air, kualitas udara, resiko bencana, tata kelola dan perkotaan. Laporan IKPLHD inilah yang disusun dan disampaikan tim DLH Kabupaten setiap tahun ke KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan) melalui Dinas LHK Provinsi Bangka Belitung.

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Bangka Barat, Idwin, S. Hut, mengatakan bahwa selain menggambarkan kelompok data yang ditetapkan, dalam dokumen menyampaikan hal-hal yang dipandang inovatif terkait program/ kegiatan yang dilakukan daerah dan atau masyarakat (dunia usaha).

“Penghargaan Nirwasita Tantra ini diperoleh atas penilaian laporan IKPLHD tahun 2021 dan event ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia..Dalam laporan IKPLHD tahun tersebut tim menampilkan beberapa hal dipandang inovatif terkait penanggulangan bencana banjir, penanggulangan ketersediaan akses air bersih dengan sistem perpipaan, pengelolaan sampah organik dengan mengembangkan mikrobakter, dan pemanfaatan lokasi-lokasi eks tambang, belukar dan hutan bakau untuk lokasi agrowisata/ekowisata,” jelas Idwin.

Penghargaan Nirwasita Tantra diserahkan oleh Wakil Menteri KLHK kepada Bupati bangka Barat yang diwakili oleh Drs. Ridwan M.Si selaku Plh. Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus kepala Dinas LH Bangka Barat.

Mewakili Bupati Bangka Barat, Drs. Ridwan, M. Si mengucapkan syukur atas diperolehnya penghargaan Nirwasita Tantra ini.

“Insyaallah menjadi motivasi serta tantangan ke depan dalam meningkatkan kinerja daerah di bidang lingkungan hidup. Apresiasi setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada tim penyusun dan semua pihak yang berkontribusi atas tersusunnya laporan IKPLHD ini. Begitu pula menyampaikan terima kasih kepada DPRD Bangka Barat yang mendukung program kerja eksekutif dalam hal perbaikan kualitas lingkungan hidup di berbagai OPD terkait,” tutupnya.

Sumber: 
DLH Kabupaten Bangka Barat
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis