Penandatanganan Nota Kesepakatan Terhadap Dokumen Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Bangka Barat Tahun 2021-2026

Muntok_Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat Marudur Saragih SE, memimpin langsung Rapat Paripurna dengan agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan terhadap Dokumen Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Bangka Barat Tahun 2021-2026, bertempat di Gedung Mahligai Setason II Sekretariat DPRD Bangka Barat. Senin (14/6/2021).
Dalam sidang paripurna ini Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 memberikan 12 rekomendasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat  yang disampaikan oleh Ketua Pansus Drs. Samsir.
12 rekomendasi tersebut diantaranya :
1. Pelaksanaan Jaminan pelayanan kesehatan yang mengedepankan asas adil dan merata serta juga memperhatikan peningkatan kualitas pelayanannya.
2. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia agar tercapainya tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien/ reformasi birokrasi.
3. Peningkatan kualitas pendidikan dengan mengedepankan kualitas pendidikan yang terstruktur dan tersistematis serta meminimalisir kesenjangan antara sekolah swasta dan sekolah negeri dan peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik (insentif) di sekolah swasta.
4. Pemerintah daerah diharapkan dapat menggali potensi-potensi baru sumber Pendapatan Asli Daerah dan memaksimalkan sumber pendapatan yang sudah ada.
5. Pemerintah Daerah perlu membuat kebijakan pemerataan sarana jaringan telekomunikasi di seluruh daerah dalam menunjang pembangunan daerah.
6. Perlu adanya peningkatan hubungan kerjasama antar daerah untuk meningkatkan perekonomian di bidang pariwisata dan bidang lainnya.
7. Perlu dilakukan peningkatan kualitas Da’i bina desa dan kesalehan masyarakat dalam rangka mengantisipasi permasalahan dan kerawanan sosial masyarakat.
8. Pemerintah daerah diharapkan dapat membuat kebijakan atas alih fungsi status kawasan hutan yang menjadi lahan pemukiman, agar hak-hak masyarakat terpenuhi.
9. Penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat petani yang terkendala status lahan, diharapkan pemerintah daerah dapat membantu mengalihfungsikan pemanfaatan kawasan hutan produksi di Bangka Barat yang sebagian besar berstatus hutan tanam industri (HTI).
10. Adanya kebijakan pemerintah daerah terhadap penanganan lingkungan hidup dalam bidang persampahan dan tata lingkungan yang baik.
11. Pemeliharaan sarana dan prasarana secara rutin ruas jalan  penghubung priotitas seperti Parittiga-Rukam-Simpang Bulin dan Pelangas – Simpangtiga – Kundi – Muntok dan daerah lainnya.
12. Mengingat masa pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hanya 3,5 Tahun, diharapkan agar pemerintah daerah lebih memfokuskan pada pencapaian program-program prioritas yang telah ditetapkan.
 
Samsir juga mengatakan agar Pemerintah Daerah segera melaksanakan proses selanjutnya, sehingga penetapan rancangan akhir RPJMD Kabupaten Bangka Barat 2021-2026 dapat diselesaikan dalam jangka waktu kurang dari 6 bulan, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. 
 
“Kami mengharapkan seluruh stakeholder dan seluruh komponen masyarakat bersatu untuk bekerjasama membangun Bumi sejiran Setason, sehingga dapat mewujudkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat,“ harapnya.
 
Sementara itu Bupati Bangka Barat, H. Sukirman,S.H., mengucapkan terimakasih atas masukan dan saran membangun yang diberikan oleh para anggota Pansus, segala masukan dan saran yang dituangkan dalam nota kesepakatan sangat diperlukan sebagai bahan penyempurnaan Dokumen Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Bangka Barat Tahun 2021-2026.
 
“Mari kita saling bekerja sama dan bekerja bersama-sama agar kesejahteraan masyarakat yang merupakan amanah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat kita wujudkan, dengan bersinerginya lembaga eksekutif dan lembaga leigislatif dan didukung oleh para pemangku kepentingan lainnya Kabupaten Bangka Barat yang maju Sejahtera dan Bermartabat akan dapat terwujud,” pungkasnya.
 
Acara ini dihadiri juga oleh Forkopimda Bangka Barat, Sekretaris Daerah Bangka Barat, Asisten Sekda, para Kepala OPD, Kepala Instansi vertikal, perwakilan BUMN dan BUMD serta Gabungan organisasi Wanita dilingkup Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.
Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Yogie
Fotografer: 
Virgo
Editor: 
Dony