POSAL MUNTOK DAN PEMDA KAB.BANGKA BARAT LAKSANAKAN BAKSOS SAMBUT RAMADHAN DI KBN DUSUN SUKAL BELO LAUT

Muntok _ Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H, Posal Muntok beserta jajaran Lanal Babel dan Pemda Bangka Barat melaksanakan bakti sosial dengan memberikan sembako kepada para janda nelayan dan anak yatim piatu sebanyak 35 orang bertempat di Masjid Baitur Rahman Kampung Bahari Nusantara (KBN)Dusun Sukal Desa Belo Laut, Senin malam, 12 April 2021. Turut hadir dalam Bakti sosial tersebut diantaranya adalah Kepala Satpol - PP Bangka Barat selaku Sekretaris Satgas Covid 19 Sidharta Gautama, S.STP.,M.Si., DanPosAL Muntok Kapten Laut (T) Y. Prabowo, perwakilan dinas kesehatan, perwakilan Diskominfo Kabupaten Bangka Barat, Babinpotmar Posal Muntok GP Tampubolon, Ketua RT Dusun sukal, Ketua Nelayan Dusun sukal dan tokoh agama Dusun Sukal.

Danposal Muntok dalam sambutannya mengimbau agar masyarakat KBN dusun sukal dapat mematuhi protokol kesehatan baik pada saat ibadah maupun tidak, terutama pada saat sholat tarawih. Dirinya juga mengimbau kepada RT setempat agar melaporkan jika ada pendatang baru yang tidak dikenal atau yang datang melalui pelabuhan tidak resmi/tikus guna mencegah penyebaran Covid-19. "Saya juga berharap bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama para janda nelayan, lansia dan anak yatim piatu, " katanya. Perwakilan Dinas Kesehatan Bangka Barat, Arsul Sani juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker dan jaga jarak saat melaksanakan Sholat Tarawih. Bagi yang sakit disarankan tidak ikut tarawih berjamaah dan bisa beribadah di rumah masing masing demi memutuskan mata rantai covid 19 ini," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Satgas Covid 19, Sidharta Gautama, S. STP menyatakan dusun sukal adalah kampung bahari nusantara ( KBN) binaan dari AL yang masuk ranah wilayah perairan Bangka Belitung. "Dalam hal ini, juga diberikan sembako kepada masyarakat Sukal dalam rangka menyambut ramadhan sekaligus mengimbau tentang tata laksana ibadah selama bulan suci ramadhan sesuai intruksi menteri Agama nomor 3 tahun 2021 seperti yang telah diutarakan dari Dinkes untuk melaksanakan ibadah dengan tetap mematuhi Prokes. Saya juga berharap Desa Sukal sebagai binaan TNI AL ini dapat menjadi contoh untuk desa lainnya, " katanya. Selain bantuan sembako juga diberikan bantuan 100 bibit mangrove yang nantinya akan ditanam di lokasi pantai dusun Sukal guna membantu menahan ombak dan memperluas kawasan mangrove. Selain itu, diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap hutan mangrove sebagai potensi destinasi wisata yang dapat di kembangkan.

Kegiatan ini dilaksanakan atas instruksi Danlanal Babel Kolonel Laut (P), Dudik Kuswoyo.S.E.,M.Tr.Hanla dalam upaya melaksanakan program potmar dimana KBN dusun sukal sudah memenuhi kriteria sebagai komponen pendukung pertahanan, ekonomi, kesehatan dan pariwisata guna mendukung kebaharian. "Untuk ke depannya, secara bertahap perlu edukasi guna menambah wawasan dengan membangun rumah pintar dan lain-lain," ujar Danposal.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Wulan
Editor: 
Wahyu Pratiwi