Rekonsiliasi DBH Pajak Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Triwulan I

Muntok_Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Badan Keuangan Daerah Prov. Bangka Belitung melaksanakan Rapat Rekonsiliasi Perhitungan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk masa waktu Triwulan I Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan di ruang OR I Setda Kabupaten Bangka Barat, Kamis (24/6/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Bangka Barat, Plt. Kepala BP2RD Kabupaten Bangka Barat, Kepala BPKAD Kabupaten Bangka Barat, Bakeuda Kota Pangka Pinang, Bakuda kabupaten Bangka Selatan, BPKAD Kabupaten Bangka Tengah, BPPKAD Kabupaten Bangka, BP2RD Kabupaten Belitung, dan BPKPD Kabupaten Belitung Timur.

Dalam sambutannya Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, S.H., menuturkan dalam mengoptimalkan penyaluran DBH tersebut maka perlu dilaksanakan rekonsiliasi perhitungan bagi hasil pajak daerah yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan dan pajak BBM.

Dia juga mengungkapkan bahwa pembangunan daerah salah satunya bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Daerah yang merupakan dana dari pendapatan APBN yang dialokasikan ke daerah berdasarkankan presentase tertentu.

“Apapun manfaat yang dapat dilihat dari DBH ini adalah membangun sarana dan prasarana yang ada di kabupaten Bangka Barat,” ujarnya.

Sementara Kepala Bakuda Provinsi Bangka Belitung yang diwakili Sekretaris Bakuda,  H. Rahmad Dalu, S.SpdI, MM., menjelaskan bahwa rekonsiliasi pajak provinsi kepada kabupaten/ kota ini berdasarkan UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Peraturan Daerah Prov. Kep. Bangka Belitung No. I tahun 2011 dan Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung No. 51 Tahun 2018 tentang Penyaluran Bagi Hasil Pajak Provinsi Kepada Kabupaten/ Kota.

Dia menturkan bahwa daalam mempermudah masyarakat membayar pajak Samsat provinsi sudah melakukan terobosan-terobasan dan inovasi dengan menggunakan aplikasi, program samsat keliling, dan samsat corner.”

“Dengan mudahnya masyarakat dalam membayar pajak, maka mudah juga pajak tersubut masuk ke kas daerah, mudah juga kita akan membagi ke Kabupaten/ Kota, dan mudah juga kita akan membiayai komponen-komponen yang dibutuhkan masyarakat di Kabupaten/ Kota masing-masing,” tutup Dalu.

Pada akhir  acara dilaksanakan penandatanganan Berita Acara Rekonsiliasi Perhitungan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Pemerintah Kabupaten/ kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk masa waktu Triwulan I Tahun Anggaran 2021 oleh seluruh Kabupaten/ Kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Donny
Fotografer: 
Virgo