Sandi: Anak-Anak Perlu Tahu Mitigasi Bencana Sejak Dini

Mitigasi bencana merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana).

Terkait mitigasi bencana, Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursyandi, S.Far., Apt., MPH menegaskan bahwa mitigasi bencana perlu diketahui dan dipahami oleh anak-anak sejak dini. 

“Mereka harus tahu bencana itu apa, khususnya di Bangka Barat. ketika sudah tahu, maka pengetahuan yang kedua yang harus dimiliki adalah tentang cara menanggulangi dan dalam jangka panjang, diharapkan mampu untuk melakukan pencegahan terhadap terjadinya bencana,” ungkapnya. 

Ditemui tim liputan Diskominfo di ruang kerjanya, Sandi juga menerangkan bahwa pengetahun ini harus dimiliki idealnya sejak tingkat sekolah dasar. 

“Minimal anak SD bisa menyelamatkan dirinya sendiri. Lebih lanjut harapannya akan menjadi agen untuk mengedukasi dan mempromosikan pencegahan dini terhadap bencana, misalnya tidak menebang pohon dan tidak membuang sampah sembarangan. Dan untuk tingkat SD, terkait mitigasi bencana diberikan dalam waktu khusus berupa sosialisasi atau simulasi,” terang Sandi. 

“BPBD beberapa waktu lalu menjadi narasumber pada kegiatan Forum Anak daerah 14 Juli 2022 lalu dimana kita menstimulasi pola pikir anak-anak dalam menanggulangi masalah lingkungan rusak yang merupakan salah satu  penyebab bencana. Selain itu, anak-anak juga diajari tentang cara evakuasi terhadap korban bencana alam, baik yang sehat maupun yang mengalami luka ringan. Proses pertolongan pertama, pembidaian dan cara mengangkat korban menggunakan tandu juga diajarkan dalam kesempatan tersebut,” sambungnya. 

Sandi juga menekankan bahwa tidak semua kondisi bisa dikendalikan. 

“Jika tidak bisa dikendalikan, agar menghubungi Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bangka Barat di nomor 0813-7966-9244. Bantuan dan partisipasi seluruh masyarakat juga sangat kita butuhkan dalam penanggulangan dan pencegahan bencana di Bangka Barat. Kita harus siap siaga setiap saat, walaupun demikian kita tentunya mengharapkan tidak terjadi bencana Kabupaten Bangka Barat,” tutupnya.

Sumber: 
BPBD
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis