SD TUNAS HARAPAN PESERTA TERBAIK LOMBA BERCERITA/ BERTUTUR TINGKAT SD/ MI DI TINGKAT KABUPATEN BANGKA BARAT TAHUN 2021

Muntok_Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten mempunyai fungsi sebagai perpustakaan Pembina menurut Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, Sebagai wujud dari pelaksanaan pembinaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bangka Barat telah menyelenggarakan lomba bercerita/ bertutur tingkat Sekolah Dasar /Madrasah Ibtidaiyah tingkat Kabupaten Bangka Barat  tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2021 di Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat,  selain lomba lainnya dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat Kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan literasi dengan budaya membaca bagi anak-anak khususnya di Bangka Barat.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan  Kab. Bangka Barat, Ismantho. mengungkapkan lomba bercerita kali ini dilakukan, gunamenjadi tempat penyaluran paraanak-anak untuk dapat menunjukan bakat dalam bercerita.

"Memang ini salah satu dari pengembangan budaya literasi yang sekarangini, sudah banyak tidak dilaksanakan. Mengingat keadaan sekarang seperti covid-19 dan kegiatan Gebyar Bangka Barat juga tidak dilaksanakan tahun ini," ujar Ismantho.

Terdapat tujuh sekolah yang tersebar di Kab. Bangka Barat mengirimkan wakilnya, untuk berlomba bercerita yang diadakan di Perpustakaan Daerah ,Kab. Bangka Barat.

"Kita mengadakan lomba bertutur kata  atau lomba bercerita ini juga, akan berkaitan dengan tingkat Provinsi selanjutnya. Tahun lalu juga Bangka Barat, bisa mewakili Provinsi Bangka Belitung di tingkat nasional," katanya.

Lebih lanjut Ismanto berharap dengan adanya lombabercerita, dapat memacu daerah untuk terus mengembangkan potensi khususnya anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

"Kami mengharapkan anak-anak bisa mewakili Bangka Barat ketingkat provinsi atau nasional. Kita ada prioritas nasional 2019-2024 ada Indeks budaya literasi, dan ini sudah masuk keprioritas nasional. Tapi dimulai dari tingkat daerah, jadi kita mengharapkan meningkatkan ini dimulai dari ini," ucapnya.

Sementara itu dengan adanya perpusatakaan daerah, juga dapat membantu sebagai tempat penyaluran atau wadah untuk berkreasi.

"Pemerintah sudah memberikan perhatian yang baik untuk Bangka Barat, dengan adanya gedung ini juga dapat meningkatkan budaya literasi. Lalu masyarakat juga bisa meningkatkan membaca, jadinya juga banyak sekali kegiatan disini," ungkapnya.

Setelah pelaksanaan kegiatan, moment yang ditunggu-tunggu peserta di Gedung Layanan Perpustakaan Daerah adalah pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilaksanakan.

Penyerahan hadiah pemenang lomba berupa sejumlah uang pembinaan dan tropi tersebut, juga dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dari Kabupaten Bangka Barat, serta seluruh peserta dan pendampingnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga mengatakan, meski pun tahun ini lomba tersebut dilaksanakan di tengah pandemi, namun tak menyurut semangat para peserta untuk mengikuti lomba.

Ia meminta kepada juara I untuk mempersiapkan diri, mewakili Kabupaten Bangka Barat, mengikuti lomba tingkat Provinsi tahun 2021. Bagi yang belum menang, diharapkan terus meningkatkan prestasi dan menjadikan kegagalan awal keberhasilan.

Berikut, daftar Pemenang Lomba Bercerita Bercerita/ Bertutur tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Tingkat Kabupaten Bangka Barat tahun 2021 :

 

JUARA NAMA SEKOLAH ASAL JUDUL CERITA
1 NEZIA CANTIQA SD TUNAS HARAPAN Asal Mula Nyanyi Duduk
2 SYIFA AULIA FITRI SDN 13 MUNTOK Asal Mula Tudung Saji
3 MALVIN GIOVALDO SD SANTA MARIA Panglima Angin
4 SIFA JULIA SDN 10 MUNTOK Legenda Pulau Kapal
5 QUEEN AZZAHRA  SDN 3 MUNTOK Semayom Kaseh Semanyong
6 ZAHRA KHANZA  ADILA SDN 7 TEMPILANG Asal Mula Sungai Jodoh
7 MERISKA  SDN 22 MUNTOK Pak Udak Dan Nenek Rokiah

 

Sumber: 
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dari Kabupaten Bangka Barat
Penulis: 
Karlena Yulia