Sekda Bangka Barat Tandatangani Komitmen Bersama Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Bangka Barat

Bangka Barat _ Sekda Bangka Barat, Drs. Muhammad Soleh, M. AP., menandatangani komitmen bersama dengan Ketua Komisi Informasi Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syawaludin, dalam rangka "Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Bangka Barat" pada Rabu, 24 November 2021.

Penandatanganan disaksikan oleh PPID utama provinsi Bangka Belitung dan PPID utama kabupaten Bangka Barat.

Acara yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Bangka Barat ini bertempat di Meeting Room Hotel Pasadena Mentok dan dirangkaikan dengan sosialisasi tentang pentingnya keterbukaan informasi bagi pemerintah.

Dalam sambutan Bupati Bangka Barat yang dibacakan Sekda, disebutkan bahwa UU nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik telah memberikan landasan hukum kepada setiap orang untuk memperoleh informasi.

“Dan tugas PPID adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi dengan menerapkan lima asas yaitu transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, dan Keseimbangan hak dan kewajiban," jelasnya.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr.Drs.sudarman,M.MSI ucapkan terima kasih atas terlaksananya acara PPID ini “ PPID ini merupakan ujung tombak Pemerintah dalam menyampaikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi.

PPID juga wajib memberikan kemudahan layanan informasi publik dengan memerhatikan beberapa jenis informasi, yaitu yang tersedia secara berkala , setiap saat, serta merta, juga informasi yang dikecualikan," jelasnya.

“Karena merupakan kewajiban badan publik untuk menjamin keterbukaan pelayanan informasi guna mendorong terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan," tutupnya.

Kegiatan juga dihadiri Plt. sekretaris Kominfo Bangka Barat, Plt. Kepala Bidang Pemberdayaan TIK dan Kehumasan Kabupaten Bangka Barat, jajaran Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala OPD Kabupaten Bangka Barat dan PPID pembantu di kabupaten Bangka Barat.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Dedra
Fotografer: 
Virgo
Editor: 
Wahyu Pratiwi