Sekda Hadiri Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana

Bupati Bangka Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Drs. Muhammad Soleh, M. AP menghadiri acara Kegiatan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2021, bertempat di Rumah Kebun pada Kamis, (16/9/2021).

Penyelenggaran pelatihan ini merupakan salah satu fungsi dari BPBD termasuk di Provinsi, yaitu dalam hal pencegahan sebagai upaya mengurangi risiko bencana. Kegiatan ini menyasar SMA/SMK karena mereka merupakan salah satu wujud tampak upaya mengurangi risiko bencana. Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan pemahaman para siswa tentang kebencanaan.

“Kami berharap anak-anak sekalian dapat peduli terhadap lingkungan. Jika tidak peduli terhadap lingkungan, maka bencana akan kembali kepada kita. Jadilah orang terdepan yang mengingatkan kepada warga kita agar sama-sama saling melindungi dari bencana, termasuk menghindari bencana virus Covid-19,” pesan Sekretaris Daerah Muhammad Soleh, M. AP.

Hal yang sama disampaikan oleh perwakilan BPBD Prov. Kepulauan Bangka Belitung yang berharap pelatihan ini bisa diterapkan dalam kehidupan nyata.

“Dengan adanya pelatihan ini kami berharap seluruh siswa yang menjadi peserta di dalam proses ini bisa mendapatkan suatu informasi dan pengetahuan tentang kebencanaan mulai pada saat pra bencana ataupun pada saat bencana serta pada saat rehabilitasi,” tuturnya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak BPBD kabupaten Bangka Barat karena telah memfasilitasi BPBD Provinsi dalam penyelenggaraan acara.

"Saya juga sampaikan apresiasi kepada pihak pemerintah Kabupaten Bangka Barat karena sejak BPBD terbentuk sebagai perangkat daerah tersendiri di Kab. Bangka Barat, ada langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh Kab. Bangka Barat dalam penanggulang bencana," tutupnya.

Turut hadir Kepala BPBD Bangka Belitung, Dr. Ahmad Fauzan Syahzian, S.Si., M.Env.M., Sekretaris Daerah Kab. Bangka Barat, kepala cabang dinas wilayah III Bangka Barat, Kepala BPBD Bangka Barat, Narasumber BMKG dan Internal Kab Bangka Barat serta para pejabat di lingkungan Bangka Barat.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Tri Oktaviani
Fotografer: 
Arif
Editor: 
Wahyu Pratiwi