Sekda Hadiri Pembukaan Jambore Relawan Lingkungan Ke-2 Se- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Simpang Teritip - Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Drs. Muhammad Soleh, M. AP., menghadiri pembukaan Jambore Relawan Lingkungan ke-2 Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan tema " Relawan Lingkungan, Cerdas, Tangguh, Beradab dan Bermartabat " pada Kamis 21 Oktober 2021 di Bukit Penyabong, Desa Pelangas, Kabupaten Bangka Barat. Kegiatan dijadwalkan berlangsung selama tiga hari sampai dengan 23 Oktober 2021.

Dalam pembukaan turut hadir unsur Forkompimda Kabupaten Bangka Barat, staf Khusus Gubernur Bidang Lingkungan hidup provinsi kepulauan Bangka Belitung, plt. Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Lingkungan hidup, Ketua TP-PKK Bangka Barat, Ketua Forum DAS provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan PT. Timah Tbk., Camat Simpang Teritip, dan Kepala desa Pelangas. Berdasarkan laporan dari ketua panitia pelaksana kegiatan yang sempat tertunda selama satu tahun ini diikuti oleh 327 peserta yang mendaftar secara online, terdiri dari 153 laki-laki, 174 perempuan dan terbagi menjadi 56 regu yang terdiri dari laki-laki 26 dan perempuan 30 regu.

" Kegiatan ini satu tahun tertunda, dan hampir saja terlupakan. kami mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas segala dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan ini mendapat berkah dari Allah SWT, " ujarnya. Sekda dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya acara ini dan berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan juga pelajaran untuk para peserta jambore 2.

" Kita sama-sama mengetahui bahwa kerusakan di muka bumi ini sudah sangat banyak oleh sebab ulah tangan manusia. Karna itulah peran manusia sangat besar dalam rangka penataan lingkungan ini. Apabila mereka sadar betapa pentingnya lingkungan, mereka akan selalu menjaganya dan senantiasa merawatnya karna itu hukumnya wajib bagi umat manusia untuk menjaga lingkungan. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan arti bagi kita semua dalam penataan lingkungan khusunya di kabupaten Bangka Barat ini," tambahnya. Ia juga sempat menyebutkan bahwa DAS di kabupaten Bangka Barat ini sudah sangat tercemari oleh ulah penambangan yang sangat masif di lingkungan kita, padahal air adalah sumber kehidupan bagi seluruh umat manusia. Maka dari itu sangat penting menjada ekosistem yang ada.

"Boleh saja menambang, tetapi tetap harus memerhatikan lingkungan kita, tetap dengan cara yang baik dengan menjaga keseimbangan lingkungan kita. Sayangi lingkungan kita. kehadiran forumdas kali ini diharapkan dapat menghasilkan relawan- relawan yg tangguh beradab dan bermartabat untuk membantu pemerintah dalam merumuskan dalam tata pengelolaan DAS yg baik sehingga pencemaran lingkungan dalam wilayah DAS akan melambat," ujarnya lagi.

Muhammad Soleh berpesan kepada para peserta untuk terus belajar dalami lingkungan yang ada di sana. "Kedepannya mereka inilah yang akan menjadi garda terdepan yang akan memberikan pengertian kepada masyarakat sekitar tentang betapa pentingnya lingkungan dan kita harus tetap memperhatikan dampak-dampak dari kerusakan lingkungan," tutupnya. " Kami atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, ini juga bisa menjadi tempat kalian saling bersilahturahmi dengan teman-teman, semoga kalian dapat menyelami dan ini nantinya dapat menggugah perasaan kalian untuk menjadi orang-orang hang perduli terhadap lingkungan. Saya sangat yakin materi dalam kegiatan ini akan mempu memberikan semangat dan juga moral bagi kalian semua" tutupnya

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wulan
Fotografer: 
Virgo
Editor: 
Wahyu Pratiwi