Setiap Hari Dinkes Babar "Muter Kampung" Ajak Warga Ikut Vaksin.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat melalui Bidang Kesehatan Masyarakat setiap hari melakukan sosialisasi tentang vaksin dengan cara "muter kampung" di semua Kecamatan di Kabupaten Bangka Barat. Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut vaksin serta tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

Saat ditemui di meja kerjanya, Selasa (12/10/2021), Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Nurmala Anggraini, menuturkan bahwa giat sosialisasi ini adalah dalam rangka menyampaikan informasi yang benar atas beredarnya isu hoax di masyarakat tentang vaksin. "Banyak hoax yang beredar seperti vaksin itu tidak aman, bisa berakibat sakit parah, tidak efektif, dan lain-lain, nah ini kita luruskan, bahwa itu tidak benar. Pendekatan yang kami lakukan langsung bertemu dengan masyarakat di lingkungan desa/perkampungan seperti di rumah atau di warung-warung warga," jelas Nurmala.

Terkait info penundaan layanan administrasi bagi yang belum vaksin, menurut Nurmala semakin memperkuat materi sosialisasi ke masyarakat. "Penundaan layanan administrasi bagi yang belum vaksin sesuai Surat Edaran Bupati nomor 360 bulan September lalu, semakin memperkuat materi sosialisasi kami, dan mudah-mudahan keinginan masyarakat untuk divaksin semakin tinggi," tambah Nurmala. Sejak pencanangan vaksin, sosialisasi sekaligus pelayanan vaksin cukup gencar dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat. Beberapa hari terakhir bahkan diinisiasi program Gertasi (Gerakan Serentak Vaksinasi) khususnya di Kecamatan Mentok.

Sementara di Kecamatan lain, gerai-gerai vaksin semakin banyak dibuka bahkan diposisikan di lokasi-lokasi yang dekat dengan masyarakat, “Hal ini guna mewujudkan pelayanan vaksinasi yang lebih cepat,” tutup Nurmala.

Sumber: 
Dinkes
Penulis: 
Arie Kurniardi
Editor: 
Wahyu Pratiwi