Sosialisasi HAKI, Pelaku Ekonomi Kreatif Diharapkan Terus Gali Potensi dan Aware Akan Kepemilikan Hak Cipta

 

DISKOMINFO ( Bangka Barat )-- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat memfasilitasi kegiatan sosialisasi Kekayaan Intelektual yang dilaksanakan oleh Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Pasadena Selasa, 7/6/22.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Umum dan HAM Kemenkumham Babel, Dr. Eva Gantini, M.Si. Dalam sambutannya, dirinya berkata bahwa sengaja datang ke Bangka Barat untuk mengajak pelaku Ekonomi Usaha Kreatif selain untuk terus menggali potensi juga aware terhadap pentingnya memiliki hak cipta, baik hak cipta seni, tarian, puisi, buku dan lainnya. 

“Kami menggandeng Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Barat  untuk bisa memajukan kesadaran masyarakat terhadap  betapa pentingnya mendaftarkan kekayaan intelektual yang fokus hari ini tentang hak cipta. Alhamdulillah, pelaku usaha yang ada di Bangka Barat sangat antusias dan mereka tahu  betapa banyaknya potensi dari pelaku usaha akan HAKI ini. Perlu dukungan dari kedua belah pihak baik dan dari Kemenkum Ham yang berkewajiban mendorong pelaku usaha untuk  mendaftar karya - karya ciptaannya dan juga dari Dinas Pariwisata sebagai Pembina UMKM Ekonomi Kreatif,” tutupnya.  

Sebanyak 55 orang peserta UMKM Ekonomi Kreatif hadir dalam kegiatan yang bertema “ Memacu Kreativitas dan Inovasi Masyarakat Para Pelaku Ekonomi Kreatif dalam Menghasilkan Karya Cipta Guna Pemulihan Ekonomi Nasional”. 

Bertindak sebagai narasumber adalah Sekretaris Dinas Pariwista Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno, S.H., dan Kepala Bidang Pelayanan Hukum dari Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Adi Riyanto , S.H, M.H.

Bambang Haryo Suseno menyampaikan bahwa upaya - upaya untuk menumbuhkembangkan kreativitas sudah di lakukan sejak beberapa tahun yang lalu. 

“Pada tahun lalu sudah ada 13 lagu yang dimitrakan oleh Dewan Kesenian dan  belum didaftarkan. Ini bisa jadi momentum yang baik agar mereka bisa mendaftar Hak Ciptanya. Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana. Target kami 10 UMKM Ekonomi Kreatif Bangka Barat akan didaftarkan agar produk dan karya mereka dapat terlindungi secara hukum,” tutupnya. 

Kegiatan ini di hadiri pejabat struktural di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Rutan Mentok, dan pelaku UMKM Ekonomi Kreatif .

Sumber: 
Diskominfo Bangka Barat
Penulis: 
Dedra Helen S.AP
Fotografer: 
Dedra Helen S.AP
Editor: 
Wahyu Pratiwi