Survei Kajian Dampak TPBIS jadi Alat Ukur Tingkatkan Pelayanan Perpusda Babar

DISKOMINFO ( Bangka Barat ) -– Tahun ini, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan survei evaluasi dan kajian dampak pelaksanaan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Evaluasi dan kajian dampak TPBIS tersebut dilakukan tim dari Perpustakaan Nasional.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bangka Barat, Farouk Yohansyah menyambut baik apa yang dilakukan oleh Tim Perpusnas Pusat itu.

“Survei ini adalah langkah positif untuk mengevaluasi para penyelenggara TPBIS. Khusus bagi Perpusda Bangka Barat, ini dapat dijadikan sebagai alat ukur untuk perbaikan dan meningkatkan layanan di Perpusda,” kata Farouk, Rabu (8/6/2022).

Sejumlah survei dan kajian yang diakukan itu diantaranya Kajian Efektivitas dan Keberhasilan Program, yakni mengukur perubahan pada variabel-variabel yang menjadi indikator efektivitas dan keberhasilan program.

Selanjutnya, Survei Pemustaka, yaitu mengetahui indikasi perubahan yang dirasakan oleh masyarakat, yang memanfaatkan layanan perpustakaan dengan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Ada pula Survei Non Pemustaka, yakni bagian dari Cost Benefit Analysis (CBA), untuk membandingkan seberapa besar manfaat yang dihasilkan program terhadap biaya/ cost yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk implementasi program ini.

“Untuk responden pemustaka kami, pengisian quesioner diisi secara serentak di gedung layanan Perpusda Bangka Barat, sedangkan responden non pemustaka diisi dari tempat tinggal masing-masing,” ujarnya.

Kepala DPK Bangka Barat menyebutkan, selain survei di Perpusda Bangka Barat, Tim Pusat juga melakukan survei di Perpusdes Air Belo, yaitu survei efektivitas dan survei Pemustaka yang dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Juni 2022. Selain itu, desa Puput juga menjadi lokus surveiy kajian yang dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Juni 2022.

Farouk juga berharap apa yang menjadi keinginan pusat, khususnya di Bangka Barat, berkenaan dengan Program TPBIS ini, ke depan dapat lebih baik lagi.

Sumber: 
Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat
Penulis: 
Karlena Yulia
Fotografer: 
Karlena Yulia
Editor: 
Wahyu Pratiwi
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis