Wabup Bangka Barat Himbau Guru dan Insan Pendidik Tetap Semangat dan Tangguh untuk Capai SDM Berdaya Saing Global

BANGKABARAT ( Diskominfo ) – Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, SE., mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 kepada seluruh guru serta insan pendidikan yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

“Kepada para guru dan seluruh insan pendidik, Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022, semoga dengan semangat dan ketangguhan  serta dedikasi yang tinggi dari insan  pendidik  kita,  dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Bangka Barat semakin baik dan berkualitas sehingga pencapaian pembangunan sumber daya manusia Bangka Barat memiliki daya saing global untuk mewujudkan bangka barat maju, sejahtera dan  bermartabat,” katanya saat menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Jumat, 13/4/22.

Upacara bertempat di Lapangan Atletik Pemkab Bangka Barat dan diikuti unsur Forkopimda Kabupaten Bangka Barat, seluruh Pegawai di Lingkungan Pemkab Bangka Barat, dan seluruh siswa/siswi dari Tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Tak lupa dalam sambutannya ia mengajak seluruh pegawai yang ada untuk terus meningkatkan semangat dan budaya kerja yang semakin baik.

“ Dengan meningkatkan kinerja, disiplin serta etos kerja  maka kita akan semakin baik dan produktif,” tambahnya

Wabup juga membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. yang menjelaskan bahwa kurikulum merdeka kini sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

“ Kurikulum Merdeka berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, dan terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.  Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” katanya.  

Disebutkan dalam pidatonya, Anak-anak Indonesia tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan untuk "menghukum" guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, agar kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

“Semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20. Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia. Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar. Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun2022,” tutupnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas tahun 2022 sedikit berbeda. Pada tahun ini, seragam yang dikenakan adalah pakaian adat melayu  Dikonfirmasi oleh Tim Liputan Diskominfo Bangka Barat, Kepala Dikpora Bangka Barat, Drs. Rukiman, M. Si menjelaskan bahwa hal ini mengikuti petunjuk teknis dari pusat.

“Iya, itu juknisnya dari pusat menggunakan pakaian adat. Karena kita di Bangka Barat yang kental dengan budaya Melayu, jadi pakaian yang digunakan adalah adat Melayu,” jelas Rukiman.

Sumber: 
Diskominfo Bangka Barat
Penulis: 
Wulan
Fotografer: 
Tatang
Editor: 
Wahyu Pratiwi