Wabup Hadiri Pertemuan Dengan DPRD Provinsi Babel Terkait Pembahasan Tambang Di Daerah Teluk Kelabat

Pangkalpinang_Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, S.E. menghadiri pertemuan dengan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait pembahasan tentang tambang di daerah teluk Kelabat Kabupaten Bangka Barat, Senin (19/7/2021).

Pertemuan ini berlangsung di ruang rapat Banmus DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Turut menghadiri Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Danrem 045/Garuda Jaya, Kajati Kepulauan Bangka Belitung, Danlanal Kepulauan Bangka Belitung, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat, Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Kepala OPD terkait dan perwakilan nelayan Teluk Kelabat.

Dalam rapat tersebut Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming-Ming, S.E. mengungkapkan bahwa di kawasan Kelabat Dalam itu memiliki kekayaan biota laut yang sangat langkah dan tidak dimiliki oleh wilayah lain bahkan di Asia Tenggara dan itu harus dijaga.

"Kelabat Dalam Itu adalah zero tambang maka dari itu kalau zona budidaya dijadikan zona tambang akan hancur semua isinya," ungkapnya.
"Bicara tentang zona budidaya, jangankan pertambangan, kapal besarpun tidak boleh lewat diatasnya, apalagi dibuat untuk pertambangan," lanjutnya.

Bong Ming Ming mengharapkan kepada unsur terkait agar permasalahan ini bisa cepat diselesaikan, agar tidak ada lagi pihak yang dirugikan.

"Saya khawatir kalau di Kelabat Dalam ini akan terjadi bentrok antar nelayan dengan penambang, cukup di Tempilang saja yang pernah terjadi bentrok, jangan sampai di Kelabat Dalam juga terjadi bentrok," ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat Marudur Saragih S.E. dalam rapat tersebut mengungkapkan bahwa tanggal 6 Juli 2021 Anggota Dewan Kabupaten Bangka Barat sudah mendatangi tanjung Ruh yang salah satu wilayah pantainya masuk dalam kawasan teluk Kelabat.

Dia juga menyebut bahwa DPRD Kabupaten Bangka Barat juga sudah beraudiensi dengan beberapa tokoh nelayan yang ada di daerah tersebut.

"Mereka sudah menyampaikan keluhan-keluhan mereka terkait persoalan-persoalan yang terjadi disana," ungkapnya.

"Kerugian-kerugian dan potensi kerusakan alam memang terjadi di daerah tersebut, saya berharap dengan rapat koordinasi kita pada hari ini bisa mengambil satu kebijakan untuk menindaklanjuti semua persoalan yang sudah terjadi," tutupnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
arif
Fotografer: 
Virgo
Editor: 
Dony