Per 1 Juli 2022, DLH Akan Jemput Sampah Warga, retribusi mulai 5 Ribu/ Bulan

Dikonfirmasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangka Barat, sampah rumah tangga akan mulai dijemput per 1 Juli 2022. Plt kabid pengelolaan sampah dan kebersihan DLH Bangka Barat, Kosmaria, mengatakan bahwa retribusi sudah ditetapkan mulai 5 ribu/ bulan.

"Jadi besaran retribusi ini didasarkan pada Peraturan Bupati Nomor 69 Tahun 2022  yang menyebutkan bahwa besaran retribusi ditentukan berdasarkan daya listrik rumah tangga. Namun, untuk tempat usaha, fasilitas kesehatan, pendidikan, perkantoran dan fasilitas umum lainnya ada tarif tersendiri," jelasnya.

"Retribusi akan dibayarkan secara terjadwal tanggal 15 - 20 bulan berjalan dengan mekanisme dipungut secara langsung oleh juru pungut yang sudah ditetapkan. Dan masyarakat yang sudah membayar akan mendapatkan tanda lunas berupa karcis," terangnya.

Dirinya juga menyebutkan bahwa sampah akan dijemput minimal 2 hari sekali dikarenakan masih belum cukupnya armada pengangkutan.

“Akan tetapi ke depannya tidak menutup kemungkinan akan berjalan setiap hari. Itu semua sangat bergantung dari peran semua lapisan masyarakat. Saat ini Dinas telah mencabut kontainer yang berada di beberapa titik dan memasang spanduk pemberitahuan. Untuk teknisnya, masyarakat dapat berkoordinasi dengan pihak RT/RW/Kadus setempat untuk pelaksanaan penjemputan sampah. Dinas juga sudah berkoordinasi dengan pihak kelurahan/desa di kecamatan Muntok agar dapat menyampaikan data rumah warga,” jelasnya.

“Untuk sementara layanan masih di kelurahan dan baru beberapa dusun di dua desa yang ada di kecamatan Mentok, hal ini dikarenakan armada blm mencukupi. Semoga ke depannya masalah sampah ini dapat ditanggulangi secara menyeluruh bukan hanya di kecamatan Mentok tapi se-Bangka Barat,” tutupnya.

 

Sumber: 
Dinas Lingkungan Hidup
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Fotografer: 
DLH
Kategori Info Publik: 
Kategori Konten: 

Berita OPDInformasi Tentang Kegiatan-Kegiatan OPD

Berita OPD Berdasarkan Jenis